Kamis, 04 April 2013

3 DISTRO LINUX YANG PALING BANYAK DI GUANAKAN

3 Distro Linux yang Paling Banyak Digunakan

Windows boleh berbangga karena sistem operasi in banyak digunakan oleh banyak orang. Tapi Linux, sekarang sedang menjadi trend di kalangan masyarakat banyak. Kenapa? Menurut apa yang saya amati, para pengguna komputer ingin mencoba sesuatu yang baru dari komputernya. Dan Linux memberikan jawaban atas keinginan dari masyarakat. Dengan banyak sekali pilihan yang ditawarkan dari distro-distro Linux beserta kelebihannya masing-masing, membuat masyarakat pun tertarik untuk mencobanya. Apa saja jenis varian Linux yang banyak digunakan oleh masyarakat? Langsung ke TKP.

1. Ubuntu (www.ubuntu.com)


Bisa dibilang, ini merupakan kakek buyut dari Linux. Karena Ubuntu telah hadir cukup lama di pasaran. Bersama Fedora dan Debian, mereka telah hadir lebih dulu. Namun nama Ubuntu yang lebih sering orang awam dengar. Ubuntu ini memiliki interface yang user friendly yang artinya mudah digunakan oleh orang yang baru menggunakan Linux sekalipun. Karena tujuannya adalah untuk menyaingi Windows agar pengguna Windows beralih menggunakan Ubuntu. Dengan memanfaatkan Windows yang kala itu sering diserang oleh virus, Ubuntu hadir dengan keamanan yang ditawarkannya. Dan hasilnya cukup jitu.


2. Linux Mint (www.linuxmint.com)


Sampai saat ini, Linux Mint telah mencapai rilis versi 12. Dan baru-baru ini mengalahkan Ubuntu sebagai distro nomor 1 yang telah bertahan selama bertahun-tahun. Apa sih kelebihannya? Mimin pernah mencoba Linux Mint ini dengan versi 11. Hasilnya, cukup memuaskan mimin. Semua  hardware ternyata berjalan dengan sangat baik pada Linux Mint 11. Printer, modem, dan USB terbaca dengan sangat baik tanpa bantuan software bawaan hardware. Hanya perlu skill tentang terminal, maka sahabat pun dapat langsung menjalankan hardware. Tampilannya pun user  friendly, sama seperti Ubuntu.


3. Backtrack (www.backtrack-linux.org)


Namanya cukup seram ya. Situs resmi dari Backtrack pun tak kalah seram. Dengan desain yang sebagian besar didominasi oleh warna hitam, membuat Backtrack terlihat garang. Lalu kenapa Backtrack banyak digunakan oleh banyak orang? Alasannya karena Backtrack ini dilengkapi oleh tool untuk keperluan hacking yang sangat mumpuni. Jadi jangan heran jika kebanyakan pengguna Backtrack adalah para hacker. Oh ya, sahabat jangan salah sangka dulu. Hacker disini adalah hacker yang baik. Mereka mencari kelemahan dari software atau jaringan untuk diberitahukan kepada pemiliknya agar cepat digunakan. Bisa juga untuk menguji suatu situs apakah pertahanannya sudah baik atau belum. Namun tidak tertutup kemungkinan dipakain untuk kejahatan. Dan rilis Backtrack ini sekarang sudah mencapai versi 5. 

Tertarik menggunakan salah satu dari tiga distro Linux diatas? Cobalah sahabat menggunakannya. Mimin jamin, sahabat pasti betah menggunakan Linux. Yang paling penting dalam Linux adalah, sahabat tidak perlu khawatir tentang ancaman virus dan antek-anteknya karena Linux tahan terhadap virus. Bahkan sahabat pun tidak perlu menginstal antivirus di Linux. Menarik bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar